Apa itu Perangkat Lunak Komputer, Perangkat Lunak Aplikasi, dan Perangkat Lunak Sistem?

Perangkat lunak komputer mengacu pada program (atau sekelompok program) yang memberikan instruksi komputer tentang apa yang harus dilakukan dan cara mengoperasikannya. Program perangkat lunak dapat menyediakan satu tugas utama, atau beberapa tugas utama.

Sebagai contoh, program yang dirancang untuk mengedit foto digital memiliki satu tugas utama (yaitu untuk memungkinkan pengeditan foto) – secara alami akan memiliki banyak sub-tugas (yaitu penghapusan mata merah, fitur koreksi warna, mengubah ukuran dan memotong / memotong sebuah gambar).

Di sisi lain, sistem operasi komputer (perangkat lunak kompleks yang pada dasarnya menangani dan menjalankan seluruh komputer) akan melakukan banyak tugas utama – misalnya menangani input dan output (yaitu pengguna mengetik dengan kata kunci, atau audio datang dari speaker), alokasi memori, mengelola komponen perangkat keras komputer (ini adalah komponen listrik yang menggerakkan komputer) dan banyak lagi.

Perangkat lunak dapat dikelompokkan ke dalam dua kelompok: aplikasi perangkat lunak dan perangkat lunak sistem. Pada dasarnya, perangkat lunak yang memfasilitasi hanya satu tugas utama (misalnya, perangkat lunak pengedit foto seperti dalam contoh di atas) akan dihitung sebagai perangkat lunak aplikasi. Hal ini kontras dengan perangkat lunak sistem yang mengacu pada program-program kompleks dan multi-tugas yang membantu menjalankan seluruh sistem – seperti sistem operasi.

Dua kelompok utama perangkat lunak ini dibahas secara lebih rinci di bawah ini:

Aplikasi perangkat lunak

Ini adalah perangkat lunak yang diinstal pada sistem operasi (Lihat "Sistem Perangkat Lunak" di bawah ini untuk informasi lebih lanjut). Seperti disebutkan di atas, perangkat lunak jenis ini cenderung hanya melakukan satu tugas utama. Contoh lain dari perangkat lunak aplikasi adalah browser situs web: ini adalah program yang mungkin Anda gunakan sekarang untuk melihat artikel ini. Contoh peramban termasuk Internet Explorer, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Singkatnya, tugas / fungsi utama mereka adalah untuk memfasilitasi Anda dalam berselancar di internet.

Jenis perangkat lunak aplikasi lainnya adalah sebagai berikut:

  • Pengolah Kata – Perangkat lunak jenis ini memungkinkan Anda untuk mengetik dokumen dan huruf. Contohnya termasuk Microsoft Office Word dan Open Office.
  • Perangkat Lunak Antivirus – Perangkat lunak jenis ini membantu melindungi sistem komputer Anda dari ancaman jahat seperti virus dan malware. Contohnya termasuk Norton Antivirus, Kaspersky Antivirus dan AVG Anti-virus.
  • Pengeditan Foto – Perangkat lunak jenis ini dapat digunakan untuk mengedit dan memanipulasi foto dan gambar digital lainnya dengan berbagai cara. Contohnya termasuk Paint.net, Corel PaintShop Pro, dan Adobe Photoshop.

Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak jenis ini cukup akurat digambarkan sebagai inti dari setiap sistem komputer. Tanpa perangkat lunak sistem, komputer tidak bisa berfungsi. Singkatnya, ia mengatur setiap aspek dari sistem komputer – dari bagaimana perangkat keras berinteraksi dengan perangkat lunak ('driver') untuk memberi pengguna sebuah antarmuka dan platform untuk berinteraksi dengan sistem ('sistem operasi'). Itu sistem operasi – atau 'OS' – adalah perangkat lunak yang dimuat setelah komputer Anda dinyalakan. Ini tempat semua perangkat lunak aplikasi diinstal. Contoh OS termasuk Microsoft Windows (XP, Vista, 7 dll), Linux (Ubuntu, CentOS) dan Apple Mac OS X.

Jenis perangkat lunak sistem lainnya termasuk drive perangkat (ini membuat komponen perangkat keras berfungsi dengan benar dengan perangkat lunak dan sistem komputer) dan utilitas (ini juga disebut 'alat utilitas' dan mereka membantu memantau, memelihara, memeriksa dan menganalisis berbagai bagian komputer; seperti 'Task Manager' dan 'Disk Defragment pada OS Windows).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close