ArchiCAD VS Revit. Perangkat Lunak BIM yang Digunakan?

Membangun Pemodelan Informasi – BIM adalah salah satu topik paling populer dalam konstruksi. Kami dapat mendefinisikannya sebagai proses yang membantu kami mengelola kompleksitas dan meningkatkan kinerja dalam proyek konstruksi. Disederhanakan, BIM adalah proses untuk membuat dan mengelola semua informasi tentang proyek apa pun – sebelum, selama, dan setelah konstruksi.

Revit oleh Autodesk dan ArchiCAD oleh Graphisoft adalah dua pemain terbesar di pasar. Perbandingan antara ArchiCAD dan Revit ini akan membantu para arsitek, pemilik, dan kontraktor untuk membuat keputusan yang lebih singkat.

ArchiCAD adalah perangkat lunak BIM pertama untuk arsitek, dibuat pada tahun 1984. Menawarkan seperangkat alat untuk membangun desain dan rekayasa, perangkat lunak ini memungkinkan melihat proyek melalui desain rekayasa dan visual dari interior dan eksterior gedung. Di sisi lain, Revit adalah alat 4D BIM-capable yang membantu kita untuk merencanakan semua aspek proyek bangunan, mulai dari desain hingga konstruksi dan seterusnya. Disadari pada tahun 2002, perangkat lunak ini dapat digunakan oleh arsitek, pembangun, insinyur, manajer proyek, dan banyak lagi.

Antarmuka pengguna

Antarmuka pengguna ArchiCAD mungkin adalah hal pertama yang dipuji oleh pengguna. Ini bersih dan ramping dan itu mungkin alasan mengapa ArchiCAD memiliki kurva belajar yang lebih mudah, terutama bagi para desainer. Sementara antarmuka pengguna dapat dikustomisasi dalam beberapa cara, ia memiliki sedikit fleksibilitas daripada lawannya. Revit fitur antarmuka pengguna yang sangat dapat disesuaikan, mendukung beberapa pendekatan untuk menggunakan perangkat lunak. Ini agak sedikit rumit, karena kurva pembelajarannya sedang. Namun, Revit menawarkan tingkat fleksibilitas yang lebih besar bagi para desainer dan arsitek.

Desain konseptual

Desain konsep di ArchiCAD cukup mudah digunakan, memungkinkan pemodelan push / pull, geometri yang instan dan dapat disesuaikan serta beberapa ekstrusi cerdas. Serupa, Revit memiliki desain konseptual yang memberikan fleksibilitas di tahap awal proyek. Ini memungkinkan Anda untuk membuat geometri yang nantinya dapat diintegrasikan ke dalam proyek BIM Anda.

Visualisasi

Revit memiliki berbagai macam tampilan untuk mendekati desain Anda, seperti wireframe dan permukaan transparan. Setiap tampilan dapat dimanipulasi dan dikontrol dalam proyek tertentu dan dapat ditetapkan ke tampilan keseluruhan atau ditentukan untuk kategori atau elemen. ArchiCAD memiliki gaya visual yang serupa dengan Revit, tetapi tidak memiliki kapasitas untuk menerapkan pandangan ke elemen tertentu.

Rendering

Baik ArchiCAD dan Revit memiliki rangkaian alat yang sangat besar untuk rendering. Mereka dapat menghasilkan gambar fotorealis dari interior dan eksterior proyek Anda. The Ray Trace adalah mode rendering fotorealist yang memungkinkan panning dan zooming dengan model Revit Anda. Ketika menggunakan gaya visual ini, rendering dimulai pada resolusi yang lebih rendah tetapi dengan cepat meningkatkan kesetiaannya. Dengan demikian, Anda dapat mengatur pencahayaan, eksposur fotografi dan latar belakang. ArchiCAD memiliki CineRender, alat serupa untuk Ray Trace yang memungkinkan Anda mengubah cahaya, bayangan, tekstur, kecerahan, dan lainnya.

Interoperabilitas

Revit dan ArchiCAD dapat mengimpor dan mengekspor file IFC. Selain itu, mereka mampu mengimpor dan mengekspor semua jenis file umum, termasuk model 3D, gambar 2D dan jenis file CAD lainnya.

Penetapan harga

Revit 2018 biaya $ 2,200 per tahun. ArchiCAD 21 sedikit lebih murah; namun, ini membutuhkan sejumlah add-on yang perlu Anda tambahkan secara manual untuk mencapai fungsi yang sama seperti Revit.

Apa yang dikatakan rekan kami:

Borjana: "Saya lebih suka ArchiCAD daripada Revit. Sebagai seorang arsitek, saya dapat mengekspresikan ide saya dengan lebih baik bekerja di ArchiCAD dan saya dapat dengan mudah mengelola semua parameter. Juga menawarkan banyak alat yang berguna untuk menyajikan dan mengembangkan desain, sehingga grafik presentasi model, proyek dan dokumentasi berada pada tingkat yang sangat baik. "

Ana: "Revit adalah perangkat lunak yang sangat berharga. Ini dibuat untuk arsitektur, dan akan menyediakan setiap alat yang Anda butuhkan untuk merancang bangunan yang baik. Ini sangat tepat dan menyediakan gambar yang sangat bersih dan akurat. Tetapi sebagai arsitek, saya lebih suka ArchiCAD atau 3D AutoCAD karena saya pikir itu menawarkan lebih banyak kebebasan untuk mengekspresikan sebagai seorang desainer. "

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close