Bangun Hubungan – Hubungkan Dalam 90 Detik Atau Kurang!

Anda berjalan ke pertemuan dengan seseorang yang belum pernah Anda temui sebelumnya, Anda mengulurkan tangan Anda untuk menggoyangkan tangan mereka dan menatap langsung ke matanya. Pada saat itu Anda berdua telah berkomunikasi secara non-verbal. Bagaimana Anda tahu jika Anda telah membuat koneksi positif instan?

Hubungan adalah proses mencapai tingkat komunikasi yang tidak diterima secara kritis oleh orang yang Anda ajak berkomunikasi. Ini adalah keadaan magis di mana orang yang mendengarkan Anda, melakukannya dengan hati-hati dan menyerap pesan Anda di tingkat bawah sadar.

Mengapa proses membangun hubungan sangat penting untuk diketahui?

• Hubungan adalah langkah pertama dalam membangun hubungan yang kuat

• Hubungan terbentuk dalam 90 detik pertama atau kurang

• Hubungan baik meningkatkan interaksi Anda dengan orang lain apakah mereka adalah prospek, kolega, atau klien

• Teknik hubungan mudah dipelajari dan mudah digunakan

• Hubungan adalah kunci komunikasi yang efektif dan lebih bermakna

• Hubungan Lebih Baik = Komunikasi Lebih Baik = Hasil Lebih Baik

Teori hubungan didasarkan pada penelitian yang awalnya diselesaikan pada tahun 1970 oleh Robert Birdwhistle yang disebut 'Kinesics and Communication'. Dalam studi ini, Birdwhistle menemukan bahwa komunikasi multilevel dan multifaset:

7% adalah Kata

38% adalah Nada Suara

55% adalah fisiologi

Realisasi yang mengejutkan adalah bahwa, 93% dari apa yang kita komunikasikan bukanlah kata-kata melainkan nonverbal dan dikomunikasikan secara tidak sadar. Jadi, untuk menjalin hubungan yang efektif dengan seseorang, kita harus melakukannya pada tingkat tidak sadar. Memahami hal ini dan secara sadar memanfaatkan teknik yang tersedia untuk menetapkan Rapport memungkinkan kita untuk membangun hubungan tidak sadar ini secara efektif.

Berikut beberapa cara Anda dapat dengan mudah membangun hubungan dengan orang lain:

• Perhatikan bahasa dan pola bahasa orang lain; perhatikan kata-kata yang mereka gunakan serta nada suara yang mereka gunakan ketika mereka mengucapkan kata-kata itu. Seringkali orang akan menggunakan bahasa repetitif. Jika Anda dapat memutar beberapa kata-kata mereka sendiri atau dengan nada suara mereka, Anda akan berada di jalan untuk membangun hubungan.

• Tentukan gaya komunikasi dan preferensi komunikasi mereka. Orang akan menggunakan kata-kata visual, auditori atau kinestetik dalam bahasa mereka dan bahkan dalam bahasa tubuh mereka. Misalnya, orang visual akan menunjuk ke gambar atau gambar atau menggunakan kata-kata seperti: "gambar", "visi", "bayangkan" atau "tampilan" dalam bahasa mereka saat menjelaskan item atau konsep. Orang-orang yang lebih pendengaran akan lebih literal dan disengaja dengan bahasa mereka. Sementara orang-orang yang kinestetik cenderung menjadi sedikit lebih verbose dengan bahasa mereka, lebih dekat dengan Anda ketika mereka berbicara dan menggunakan bahasa perasaan dan emosi. Menggunakan gaya atau preferensi komunikasi orang lain akan menjadikan Anda pendengar dan komunikator yang lebih baik.

• Perhatikan pola mata mereka. Mata akan memberi tahu Anda bagaimana mereka berpikir dan memproses informasi yang akan memungkinkan Anda menyesuaikan pendekatan Anda untuk mencocokkan mereka.

• Mencocokkan dan mencerminkan bahasa tubuh, suara, kata-kata dan bahkan pernapasan mereka. Semakin Anda selaras dengan orang lain secara tidak sadar semakin terlibat mereka dalam komunikasi Anda dengan mereka.

Menggunakan Rapport dapat membantu Anda dalam menciptakan hubungan instan, memperkuat komunikasi, dan mendapatkan hasil yang lebih baik dalam segala hal yang Anda lakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close