Manfaat Pengembangan Perangkat Lunak Khusus

[ad_1]

Produk perangkat lunak profesional adalah bagian penting dari proses kerja bagi sebagian besar perusahaan di hampir setiap industri. Setiap perusahaan membutuhkan perangkat lunak manajemen dan akuntansi, dan semacam solusi perangkat lunak untuk kehadiran online. Perusahaan yang lebih besar menerapkan sistem layanan pelanggan, perangkat lunak manajemen sumber daya manusia, perangkat lunak e-commerce canggih atau portal web dengan fungsi yang diperluas sesuai dengan bidang industri mereka. Semua sistem ini sebagian besar dikembangkan oleh perusahaan lain, yang disebut vendor perangkat lunak, diimplementasikan dan didukung oleh vendor atau oleh tim TI internal.

Ada dua pendekatan utama untuk memperoleh sistem perangkat lunak untuk penggunaan perusahaan. Cara termudah bagi perusahaan non-TI untuk mengotomatisasi proses bisnisnya adalah dengan membeli paket perangkat lunak yang tersedia dan mengundang insinyur perangkat lunak dari perusahaan vendor untuk menerapkannya. Pendekatan ini bekerja dengan baik dengan solusi belanja online dasar, perangkat lunak reservasi hotel atau sistem manajemen proyek sumber terbuka. Akan lebih mudah bagi usaha kecil dan menengah dengan model bisnis tradisional, meskipun perusahaan besar dapat mengintegrasikan solusi siap pakai ke dalam sistem mereka dengan menyesuaikan beberapa fungsi mereka, jika memungkinkan. Namun demikian, solusi perangkat lunak standar murah tidak cukup andal ketika datang ke perangkat lunak perbankan, perawatan kesehatan atau pemrograman mobile.

Perangkat lunak siap pakai sering gagal memenuhi ekspektasi bisnis besar dan perusahaan berorientasi cepat yang berorientasi inovasi. Kerugian utama mereka adalah kurangnya skalabilitas. Perangkat lunak rak adalah produk jadi dengan kemungkinan terbatas untuk peningkatan dan peningkatan. Ini mungkin memiliki masalah dengan integrasi perangkat lunak, atau mungkin hanya kompatibel dengan sistem perangkat lunak dari vendor perangkat lunak yang sama. Tidak dapat berkembang seiring dengan perusahaan, dan cepat atau lambat harus diganti dengan solusi perangkat lunak lain, lebih mampu dan lebih mahal. Pengembangan perangkat lunak kustom umumnya dapat mengarah pada pengeluaran yang sama dalam perspektif jangka panjang sebagai pembelian produk baru, karena dapat disesuaikan dengan tantangan yang muncul dan kebutuhan bisnis.

Sistem perangkat lunak khusus selalu disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang tepat dari pelanggan dan disesuaikan dengan model bisnisnya yang unik. Mereka skalabel dan biasanya didukung oleh perjanjian pemeliharaan jangka panjang, dan bantuan datang segera jika upgrade diperlukan. Tentu saja, pelanggan harus menentukan tujuan bisnis utamanya sejelas mungkin dari awal, meskipun diperbolehkan dan, dalam beberapa model pengembangan perangkat lunak, bahkan ingin memberikan umpan balik kepada pengembang, sehingga mereka dapat melakukan koreksi terhadap program selama proses pengembangan. Tujuannya adalah untuk memastikan logika bisnis yang tepat di balik semua elemen perangkat lunak yang diimplementasikan dan membuatnya bekerja di bawah kondisi kehidupan nyata.

Keputusan kompromistis dapat dilakukan jika dana perusahaan terbatas. Beberapa bagian dari perusahaan perangkat lunak dapat dibeli sebagai solusi siap pakai, dan sistem kunci dapat dikembangkan berdasarkan permintaan dan disatukan oleh integrasi perangkat lunak. Sebagai contoh, solusi CRM yang khas dan database standar dapat diintegrasikan dengan portal belanja online khusus, beberapa perangkat lunak analisis bisnis pesanan dan bahkan dengan aplikasi mobile perusahaan yang dapat menyediakan data bisnis lengkap dari semua sistem tersebut. Integrasi sempurna adalah jenis layanan yang sangat profesional yang membutuhkan keahlian yang mendalam di beberapa bidang, tetapi akan lebih murah daripada mengembangkan keseluruhan sistem dari awal.

Pengembangan perangkat lunak kustom dapat menyebabkan pengeluaran nyata. Tetapi jika pelanggan memiliki produk yang dihasilkan, dia dapat menjualnya ke perusahaan lain. Ada banyak opsi seperti program mitra dengan perusahaan lain yang bekerja di industri yang sama atau distribusi "label putih". Perusahaan teknologi dapat mengembangkan solusi yang mereka butuhkan untuk bekerja dengan mereka sendiri, tetapi dalam banyak kasus bahkan mereka dapat melakukan manajemen dokumen elektronik atau membeli produk perangkat lunak perusahaan karena tingkat tinggi dalam spesialisasi yang merupakan karakteristik untuk industri TI.

[ad_2]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close