Risiko Keamanan Yang Menonjol Terkait Dengan Implementasi Perangkat Lunak ERP

ERP atau khususnya perangkat lunak Perencanaan Sumber Daya Perusahaan telah berkembang secara menonjol di bidang bisnis dalam beberapa tahun terakhir. Bisnis selalu mencari sistem teknis atau perangkat lunak TI di mana mereka dapat mengotomatisasi operasi sehari-hari mereka dan proses yang membosankan termasuk operasi SDM, penjualan, akuntansi, manajemen stok dan sebagainya. Sementara keunggulan utama dari perangkat lunak all-in-one inklusif banyak ragamnya, ia melarang penggunaan beberapa sistem perangkat lunak. Selain memastikan bahwa semua aspek fungsional kompatibel satu sama lain, itu juga meningkatkan konsistensi data. Namun, dengan jenis perangkat lunak komprehensif yang mencakup area operasi yang luas, sangat wajar untuk memiliki beberapa jebakan atau kerentanan dalam sistem yang harus segera ditangani.

Berikut ini adalah jebakan keamanan paling umum dalam ERP yang perlu diwaspadai oleh bisnis bersama dengan beberapa petunjuk mudah untuk mencegahnya.

Penggunaan perangkat lunak yang sudah kadaluarsa atau tidak diperbarui

Risiko besar yang gagal diinterpretasikan oleh bisnis sebelumnya adalah penggunaan perangkat lunak yang ketinggalan jaman. Jika perangkat lunak mereka saat ini tidak didukung dengan peningkatan versi terbaru, tidak ada gunanya dalam memperbaiki masalah integrasi apa pun atau sering mengalami gangguan. Pembaruan selalu dirilis karena suatu alasan dan sebagian besar untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh versi sebelumnya. Inilah sebabnya mengapa menginstal pembaruan terakhir pada perangkat lunak yang ada sangat penting.

Pelatihan yang tidak benar

Meskipun terkadang risiko dalam implementasi perangkat lunak disengaja dan berbahaya, seringkali karena kurangnya pemahaman di tim yang berada di belakang penerapannya. Kurangnya pemahaman menyeluruh tentang sistem ERP atau apa yang diharapkan dilakukan untuk organisasi dapat menyebabkan kesalahan dalam implementasi dan meninggalkan proses organisasi dan data untuk risiko keamanan yang serius. Untuk menghindari risiko tersebut, pastikan vendor ERP menyediakan panduan manual atau sesi pelatihan yang tepat untuk pengguna sistem.

Ketidakpatuhan terhadap standar keamanan

Untuk perangkat lunak ERP yang menyimpan informasi rahasia penting termasuk kredensial keuangan pelanggan dan rincian pembayaran organisasi, jelas untuk memenuhi standar keamanan tertentu. Kepatuhan dengan PCI DSS (Standar Keamanan Data Industri Kartu Pembayaran) mungkin termasuk juga jika sistem menyimpan catatan kartu kredit dan debit. Semua dalam semua, sistem ERP harus dapat menyimpan semua rincian rahasia dalam bentuk terenkripsi, membatasi akses semua untuk data sensitif dan melacak akses ke data.

Kurangnya kemampuan Pelaporan

Tidak mampu mengelola tugas pelaporan adalah salah satu risiko keamanan utama yang terkait dengan ERP. Risiko lebih besar ketika perusahaan menggunakan solusi yang dialihdayakan atau gratis seperti Google Spreadsheet atau Excel untuk pelaporan. Ini cukup berisiko karena semua data sensitif keluar dari sistem aman mereka. Dengan demikian, kemampuan pelaporan yang tidak memadai dapat mengakibatkan hilangnya kontrol data untuk beberapa aplikasi tidak aman umum. Untuk menghindari hal ini, organisasi harus memastikan untuk mendapatkan beberapa analisis dan sistem pelaporan terintegrasi ke dalam ERP mereka.

Autentikasi Tunggal

Karena perangkat lunak modern ERP harus menangani spektrum luas area, informasi yang luas dan data yang sensitif, otentikasi tunggal seperti penggunaan kata sandi tidak sepenuhnya aman. Cara terbaik dan andal adalah 2FA (autentikasi dua faktor) atau autentikasi multi-faktor, yang menegaskan identitas pengguna yang diklaim mempertimbangkan beberapa faktor.

Tidak diragukan lagi, sistem ERP dibangun dengan mempertimbangkan aspek keamanan utama dari suatu organisasi atau bisnis. Namun, ini adalah beberapa jebakan keamanan yang diamati pasca penerapannya, yang dapat menghambat aliran bisnis. Sejak saat itu, antisipasi cepat, evaluasi dan perbaikan atas kegagalan keamanan di atas akan membuat perangkat lunak ERP sangat aman dan sangat mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close