Sejarah Singkat Perangkat Lunak Akuntansi QuickBook

Selama bertahun-tahun, perangkat lunak QuickBook telah menjadi sangat identik dengan perangkat lunak akuntansi online. Awalnya dirilis pada awal 1980-an, perangkat lunak ini telah menjadi sangat populer di kalangan pemilik usaha kecil serta akuntan.

QuickBooks diluncurkan oleh Scott Cook dan Tom Proulx, pendiri Intuit, tak lama setelah kesuksesan Quicken yang berhasil. Program baru kemudian pada awalnya dirancang untuk menawarkan sistem akuntansi untuk pemilik usaha kecil yang memiliki sedikit pengalaman akuntansi jika ada.

Tak lama setelah rilis, QuickBooks menangkap sekitar 80% dari pasar perangkat lunak akuntansi untuk bisnis kecil. Perusahaan masih menikmati pangsa pasar terbesar dari pasar yang sangat kompetitif ini.

Karena akuntan profesional pada awalnya tidak puas dengan versi pertama program, Intuit akhirnya menjembatani kesenjangan tersebut dengan menyediakan fungsi akuntansi entri ganda, kemampuan jejak audit penuh, dan sejumlah kebutuhan lain yang dianggap perlu oleh akuntan profesional. Jadi, dimulai pada tahun 2000, Intuit menawarkan versi Dasar maupun versi Pro dari perangkat lunak.

Kemudian, pada tahun 2003, perusahaan mulai menawarkan versi QuickBook yang spesifik untuk sejumlah industri yang berbeda. Versi ini termasuk laporan dan proses alur kerja yang spesifik industri. Program Intuit termasuk setiap terminologi yang terkait dengan berbagai perdagangan yang dirancang untuk perangkat lunak.

Jadi, pada pergantian abad, tidak hanya perusahaan akuntansi profesional – mereka yang melayani beberapa klien dalam bisnis kecil yang berbeda – memiliki perangkat lunak apropos, itu juga tersedia untuk kontraktor, pengecer, produsen, perusahaan nirlaba, perusahaan layanan profesional , dan pedagang grosir.

Karena QuickBooks sangat sukses, produk yang ditargetkan untuk bisnis menengah diluncurkan pada Mei 2002.

Pada Maret 2008, perusahaan menguasai 94,2% unit ritel yang dijual dalam kategori akuntansi bisnis. Saat ini lebih dari 50.000 konsultan bisnis independen, CPA, dan akuntan adalah anggota program QuickBooks ProAdvisor.

Produk terus berevolusi. QuickBooks sekarang termasuk fungsi pembayaran elektronik, outsourcing dan bantuan penggajian jarak jauh, kemampuan akses jarak jauh, fitur pemetaan, opsi pemasaran, perbankan online dan rekonsiliasi, serta peningkatan fungsionalitas email.

Pada tahun 2008 Anda dapat mengimpor spreadsheet Excel dengan perangkat lunak.

Saat ini ada versi online QuickBooks yang tersedia yang didukung oleh Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Safari untuk Mac. Ini juga dapat diakses melalui BlackBerry, iPhone, dan Android melalui penggunaan aplikasi web. Namun versi online tidak menawarkan semua fitur yang ditawarkan oleh versi desktop. Dan beberapa fitur online bekerja secara berbeda dari yang mereka gunakan di versi desktop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close